A. ILMU SOSIAL DASAR SEBAGAI MATA KULIAH DASAR
UMUM
ISD adalah banyaknya kritik-kritik yang
ditujukan pada sistem pendidikan kita oleh sejumlah para cendikiawan, terutama
sarjana pendidikan, sosial dan kebudayaan.
Mereka menganggap sistem pendidikan kita berbau kolonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan dari ‘’politik balas budi’’ (etische politiek) yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore van Deventer bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan Negara.
Mereka menganggap sistem pendidikan kita berbau kolonial, dan masih merupakan warisan sistem pendidikan pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan dari ‘’politik balas budi’’ (etische politiek) yang dianjurkan oleh Conrad Theodhore van Deventer bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga terampil untuk menjadi “tukang-tukang” yang mengisi birokrasi mereka di bidang administrasi, perdagangan, teknik dan keahlian lain, dengan tujuan ekspoitasi kekayaan Negara.
B. Pengertian
Menurut
para ahli ilmu sosial adalah
ilmu yang mencakup semua aspek didalam kehidupan mulai dari sifat seseorang
atau individu, interaksi antar individu, antara individu dan kelompok, dan
interaksi antara kelompok dan kelompok.
Lalu pengertian ilmu sosial dasar adalah suatu
pengetahuan yang menelaah berbagai masalah sosial khususnya yang diwujudkan
oleh masyarakat umum dengan menggunakan berbagai pengertian (fakta, konsep dan
teori) yang berasal dari berbagai macam bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu-ilmu sosial, Misalnya seperti: Sejarah, ekonomi, geografi sosial,
sosiologi, antropologi, psikologi sosial, dan sebagainya.
C. Tujuan
Tujuan Mahasiswa Menjadikan ilmu sosial dasar sebagai
mata pelajaran dasar umum ialah :
1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta
tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai pancasila.
2. Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bersikap dan bertindak
sesuai dengan ajarannya.
3. Memiliki jiwa yang konprensif dalam menyikapi
permasalahan dalam kehidupan.
4. Memiliki wawasan sosial yang luas tentang kehidupan
bermasyarakat
D. Ruang
Lingkup
Ilmu
Sosial Dasar meliputi dua kelompok utama yaitu, studi manusia dan masyarakat
dan studi lembaga – lembaga sosial. Yang terutama terdiri dari psikologi,
sosiologi, dan antropologi, sedangkan yang lainnya terdiri dari ekonomi dan
politik. Masalah sosial ini tidaklah sama antara masyarakat yang satu dengan
masyarakat lainnya karena adanya perbedaan dalam tingkat perkembangan
kebudayaannya, serta sifat kependudukannya, dan keadaan lingkungan alamnya.
Yang membedakan masalah sosial dengan masalah lainnya adalah bahwa maalah
sosial selalu ada kaitannya yang dekat denan nailai-nilai moral dan
pranata-pranata sosial, serta ada kaitannya dengan hubungan-hubungan manusia
itu terwujud. Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa
perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke
delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar
diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan
perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan
kesejahteraan.
REFERENSI:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar